Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Unknown
Tips Makanan untuk Tumbuh Kembang Otak Anak
Reviewed by : Unknown
Orangtua mana yang tak bangga jika anaknya berprestasi. Ingin anak Anda berprestasi lebih baik di sekolah? Tumbuh kembang otak anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh Anda para orangtua. Perhatikan makanan anak Anda. Makanan tertentu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak Anda. Tips-tips berikut ini perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan fungsi otak, ingatan dan konsentrasi :
  1. Salmon
    Ikan berminyak seperti salmon adalah sumber asam lemak omega-3DHA dan EPA, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Pada kenyataannya, riset terkini menunjukkan, orang-orang yang mendapatkan lebih banyak asam lemak di dalam makanan mereka, akan mempunyai pikiran yang lebih tajam dan mendapatkan hasil tes yang lebih baik dalam tes keterampilan mental. Tuna juga merupakan sumber omega-3, tapi tidak sekaya salmon. Tuna sumber yang baik dari protein tak berlemak, tapi karena sangat kurus, maka kandungan omega-3 di dalamnya tidak begitu tinggi seperti salmon. Namun, tuna albacore mengandung lebih banyak merkuri dibandingkan tuna kalengan light, karena itu EPA menyarankan untuk tidak makan lebih dari 6 ons tuna albacore dalam seminggu. Jadi, daripada sandwich tuna, buat salad salmon untuk sandwich. Ini akan lebih baik untuk tumbuh kembang otak si kecil.
  2. Telur
    Telur terkenal sebagai sumber protein yang baik, tetapi kuning telur juga kaya dengan choline, yang membantu perkembangan ingatan.
  3. Selai kacang tanah dan bean
    Kacang tanah dan selai kacang tanah adalah sumber yang baik dari vitamin E, antioksidan ampuh yang melindungi membran-membran saraf, ditambah thiamin yang membantu otak dan sistem saraf, menggunakan glukosa untuk energi. Bean istimewa karena mengandung energi dari protein, karbohidrat kompleks, serta serat. Ditambah lagi dengan banyak vitamin dan mineral. Dari golongan ini kacang merah dan kacang pinto mengandung banyak asam lemak omega-3.
  4. Padi-padian utuh
    Otak perlu suplai glukosa terus menerus dan padi-padian utuh bisa memberikan suplai ini. Serat membantu mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Padi-padian utuh juga mengandung vitamin-vitamin B yang memberikan nutrisi pada sistem saraf yang sehat.
  5. Havermut
    Havermut termasuk dalam golongan serealia yang paling dikenal anak dan sangat baik untuk otak. Havermut memberikan energi istimewa atau bahan bakar untuk otak yang diperlukan anak di pagi hari. Havermut yang kaya serat memberi makan otak anak sepanjang pagi di sekolah. Havermut juga sumber yang baik dari vitamin E, vitamin-vitamin B, serta zat besi yang membuat tubuh dan otak berfungsi dengan kapasitas penuh.
  6. Berry
    Strawberry, blueberry, cherry, dan blackberry, secara umum semakin pekat warnanya, semakin banyak nutrisi di dalam berry. Berry meningkatkan kadar antioksidan, terutama vitamin C, yang membantu mencegah kanker. Biji berry juga sumber baik dari lemak omega-3.
  7. Sayuran warna-warni
    Tomat, ubi jalar, labu kuning, wortel, serta bayam, yang termasuk sayuran warna cerah adalah sumber terbaik antioksidan yang menjaga sel-sel otak yang kuat dan sehat.
  8. Susu dan yogurt
    Produk susu kaya dengan protein dan vitamin-vitamin B, penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotramsmitter, dan enzim. Susu dan yogurt juga memberikan protein dan karbohidrat, sumber energi yang disukai otak.
  9. Daging sapi tak berlemak
    Zat besi adalah mineral esensial yang membantu anak tetap berenergi dan konsentrasi di sekolah. Daging sapi kurus adalah salah satu sumber zat besi yang diabsorp secara baik. Pada kenyataannya satu ons perhari bisa membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber-sumber lain. Untuk vegetarian burger kacang hitam dan kedelai adalah sumber zat besi yang baik.

Semoga tips-tips di atas dapat menjadi masukan Anda untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak buah hati Anda. Jika Anda memperhatikan hal-hal di atas, niscaya Anda akan memetik hasil yang Anda inginkan.

Artikel Terkait :

Tips Memasak Masakan Bersih dan Sehat
Kuliner Bandung Jalan Sutera
Kuliner Bandung Jajanan Malam
11 Responses
  1. Yanuar Catur Says:

    nyam,,nyam,,nyam,,enak,,,


  2. makanan yang cocock buat gw nih...
    (masih balita )


  3. Diary Pink Says:

    ikan salmon memang banyak vitaminnya


  4. djhins Says:

    asik....makan...kenyang deh


  5. ga hanya buat anak kecil aja kan..dewasa boleh dunkz..:)


  6. Wah kayanya enak ne.. jadi pengen.. nyobain ah.. he.. he..


  7. anak nelayan Says:

    wahh manteb nih ntar tak cobain deh


  8. oooh.... gitu yah.... jadi tau deh gw. ngomong-ngomong jadi laper nih!!!


  9. gusimerah Says:

    hidup omega 3....minyak ikan, protein tinggi memang


  10. ogiexslash Says:

    bermanfaat banget nih artikelnya...malah sampe aku bookmark...thanks bro


  11. 3ndur0 Says:

    hahaha G cuma anaknya yg mau tuh bapaknya pasti juga mau..... jadi pingin deh


    Rgds, 3ndur0